Senin, 28 Maret 2011

Galaxy Tab

Review Spesifikasi Samsung Galaxy Tab 8.9 dan Galaxy Tab 10.1. Dua gadget terbaru samsung Galaxy Tab 8.9 dan Galaxy Tab 10.1 nampaknya akan menarik perhatian para penggemar gadget dari samsung. Kemunculan keluarga Samsung Galaxy terbaru ini makin meramaikan persaingan dikancah Tablet PC, ada baiknya jika anda ingin membeli tablet PC simak dahulu review spesifikasi dari Samsung Galaxy Tab terbaru ini, siapa tahu anda tertarik untuk membelinya.

Adakah perbedaan antara samsung galaxy tab terdahulu dengan dua keluaran terbaru galaxy tab? Jelas ada, bukan hanya dari segi hardware dan software pendukung yang dirubah, namun dari lebar layarpun sudah terlihat berbeda dari versi terdahulunya, ingin tahu lebih?

<b>Review Spesifikasi Samsung Galaxy Tab 8.9 dan  Galaxy Tab 10.1</b>

Lebar layar pada kedua gadget keluaran terbaru dari samsung ini mempunyai lebar layar yang lebih besar dari sebelumnya. Untuk galaxy tab 8.9 seperti namanya mempunyai lebar layar sebesar 8,9 Inch dan untuk galaxy tab 10.1 mempunyai lebar layar sebesar 10,1 Inch. Cukup berbeda jauh dari versi terdahulunya yang hanya di fasilitasi dengan lebar layar 7 inch.
Selain kelebihan pada lebar layar, kedua gadget terbaru samsung galaxy tab ini pun sudah dicekoki dengan OS terbaru dari Google khusus tablet pc, yaitu Andorid Honeycomb dilengkapi pula dengan teknologi TouchWiz 4.0.
Pada samsung galaxy tab 8.9 mempunyai resolusi layar WXGA dengan dimensi layar 23 x 15,7 x 0,8 cm dengan berat 470 gram. Untuk kapasitas baterai yang dipakai cukup besar 6000 mAh.
Sedangkan untuk samsung galaxy tab 10.1 yang sempat mengalami revisi produk ini yang asalnya mempunyai tebal sampai 1cm, kini setelah direvisi mempunyai dimensi layar 25,6 x 17,2 x 0,8 cm. Diklaim pada kedua tablet galaxy tab terbaru dari samsung ini lebih tipis dari iPad 2.
Tidak berhenti sampai di layar saja, ada beberapa kelebihan dari kedua gadget samsung galaxy tab terbaru ini, seperti pada galaxy tab 10.1 yang telah didukung teknologi layar PLS, teknologi ini diklaim oleh pihak samsung mampu menawarkan kualitas gambar lebih tajam dibandingkan layar IPS yang kerap ditemukan di produk tablet lainnya. Seadangkan untuk baterainya sedikit lebih tahan lama dengan kapasitas 6800 mAh.
Jika kita melihat kedalam hardware yang di bawa oleh galaxy tab 8.9 dan galaxy tab 10.1 ini, nampaknya samsung tidak main-main untuk membuatnya menjadi terdepan. Kedua gadget terbaru dari samsung tersebut telah dipersenjatai dengan prosesor dual-core 1GHz.
Untuk masalah Flash, anda tidak perlu khawatir lagi dengan samsung galaxy tab 8.9 dan galaxy tab 10.1 ini, samsung telah menjejali dua gadget terbarunya ini dengan Flash Player 10.2 lengkap dengan aplikasi Quickoffice HD untuk mengedit dokumen. Serta ada modifikasi pada TouchWiz 4.0, hal ini membuat galaxy tab 8.9 dan 10.1 sangat berbeda jauh dengan iPad 1.
Namun dalam segi multimedia terutama kamera, fasilitas yang diberikan belum maksimal. Pada samsung galaxy tab 8.9 dan samsung galaxy tab 10.1 hanya dijejali kamera 3 MP saja. Namun tidak perlu khawatir, karena kamera utama dilengkapi dengan fitur autofocus dan perekam video 720p. Sedangkan untuk kamera sekundernya atau kamera pada bagian depan, galaxy tab 8.9 dan galaxy tab 10.1 dijejali kamera 2 MP untuk keperluan Video Call.

http://chempornet.com/spesifikasi-samsung-galaxy-tab-8-9-dan-galaxy-tab-10-1/#more-1977

Blackberry

Blackberry merupakan fenomena baru bagi kalangan penikmat ponsel pintar (smartphone), khususnya di Indonesia. Sudah banyak jenis Blackberry yang sangat familiar dimata masyarakat Indonesia saat ini, khususnya bagi para pengguna Handphone. Sebut saja Blackberry Bold dan Blackberry 8320 yang sudah banyak dipakai oleh masyarakat. Entah apa yang mendasari Blackberry bisa tumbuh pesat di dunia pada umumnya dan di Indonesia pada khususnya, namun alasan sebuah koneksi internet yang mudah dan cepat kemungkinan adalah salah satu alasan mengapa Blackberry berhasil mencuri perhatian para pengguna Handphone dari merk-merk yang sebelumnya menjadi referensi pembelian handphone terbaru. Namun achiles sendiri masih meragukan alasan koneksi menjadi alasan masyarakat Indonesia mulai mengalihkan perhatian ke Blackberry. Pasti ada alasan tren, gaya hidup atau nilai prestisius dibalik alasan fitur layanan yang diberikan oleh Blackberry. Entah apakah para pengguna Blackberry sudah memaksimalkan semua fasilitas yang terdapat pada Smartphone tersebut ? Ataukah kembali lagi hanya untuk sekedar kirim SMS atau terima telepon doang ?

Namun dibalik setiap alasan, Blackberry memang layak disebut fenomena baru tren berkominikasi. Kemampuannya menyampaikan informasi melalui jaringan data nirkabel memang sangat memuaskan. Apalagi jika kita ingin mengecek email, maka Blackberry bisa menjadi sebuah jujugan referensi untuk itu. Kompres terhadap virus dan ukuran email dapat dilakukan dengan sangat baik oleh Blackberry. Dukungan dari operator besar seperti Indosat, Telkomsel dan Exelcom juga mendukung perkembangan Blackberry di Indonesia. Banyak artis dan pejabat Indonesia juga memanfaatkan kecanggihan Blackberry untuk berkomunikasi dengan klien atau rekan kerja. Pangsa pasar Blackberry juga terdongkrak naik tajam diawal tahun 2009 ini. Lihat saja di Sinetron atau Film Indonesia, Blackberry pasti hadir dalam penggambaran tokoh yang sedang menerima atau menelpon seseorang. Menurut kabarnya juga, saat ini Wakil Presiden Yusuf kalla juga sudah terjangkiti virus Blackberry.

Secara keseluruhan Blackberry memang dapat menghadirkan segala kemudahan dalam berkomunikasi yang belum mampu dihadirkan Handphone jenis lain. Kamera, musik, atau sekedar chatting juga adalah beberapa fitur pendukung lainnya. Dengan harga yang masih sangat mudah terjangkau semakin menjadikan Blackberry sebuah handphone pintar pilihan masyarakat. Diharapkan Blackberry juga bisa menjadikan masyarakat melek akan informasi dan fitur-fitur canggih yang sudah disematkan dalam handphone tersebut. Jadi masyarakat pengguna Blackberry bukan karena alasan tren atau sekedar ikut2an membeli ponsel Blackberry, namun karena alasan informasi dan komunikasilah yang mendasari mereka membeli Blackberry.

http://achiles-punyablog.blogspot.com/2009/03/blackberry.html

Ipad

Kembali sedikit mengupas device yang dikeluarkan oleh Apple dengan nama Apple iPad, seperti kita ketahui gadget manis ini beberapa hari lalu telah diluncurkan oleh Steve Jobs sang juragan Apple pada acara yang digelar di San Fransisco, CA. Steve bahkan sempat berkomentar jika iPad ini merupakan hal yang paling penting yang dia umumkan. Jobs memposisikan iPad sebagai gadget persambungan antara sebuah laptop dan smart phone. Namun tandasnya iPad mempunyai fungsi lebih bagus dibandingkan kedua gadget di atas, seperti ketika berselancar di web, membaca buku elektronik, dan menayangkan video.
Sempat terdengar rumor bahwa gadget code name Apple iPad ini akan menjadi pembunuh laptop, benarkah demikian? hasilnya tentu dapat kita lihat setelah device ini rolling di seluruh dunia. Jika dilihat dari sisi fitur yang dimiliki dan Apple iPad Spec memang cukup menjanjikan. Perangkat itu disebut-sebut bisa memiliki banyak fungsi bagi penggunanya, mulai dari e-book reader, pemutar video bahkan hingga konsol game genggam.

Namun menurut para pengamat dan pakar pemerhati perkembangan gadget, Apple iPad tetap dianggap memiliki beberapa kekurangan. Kekurangan-kekurangan tersebut bisa jadi alasan bagi konsumen untuk tidak buru-buru membeli dan menggunakan gadget baru dari Apple ini. Lalu apa saja kekurangan dan kelemahan Apple iPad yang diluncurkan beberapa hari lalu tersebut? berikut sejumlah kelemahan-kelemahan Apple iPad:
  • Tanpa Adobe flash
  • Tidak dilengkapi kamera
  • Tidak bisa multitasking
  • Layarnya memiliki ukuran yang mungil, yakni 9,7 inchi
  • Tidak menggunakan sistem operasi Mac OS
  • Kapasitas penyimpanan yang kurang besar
  • Baterai tidak mudah diganti
  • Tidak memiliki port HDMI
Well setiap gadget memang memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing begitu pula dengan Apple iPad ini.

http://hendralesmana.com/kekurangan-dan-kelemahan-apple-ipad.wp

Mobile Google

Setiap saya melihat website-website yang membahas teknologi terbaru, Google Android, sistem operasi mobile dari Google menjadi salah satu topik yang sering dibahas. Dan kebetulan juga saya adalah seorang developer Android sehingga sangat menarik bagi saya untuk terus mengikuti perkembangan sistem operasi mobile dari Google ini.
Beberapa waktu lalu saya cukup terkejut ketika membaca sebuah artikel dari business insider. Di artikel disebut digambarkan bahwa perkembangan mobile share Android cukup tinggi. Perlu dicatat, mobile share disini diukur dari survey pengguna sehingga lebih menggambarkan basis pelanggan.

Lihatlah statistik perkembangan mobile share dari 5 vendor raksasa mobile di bawah ini:


Perkembangan Super Cepat Sistem Operasi Mobile Google – Android

Dipost tanggal May 5, 2010 di kategori TeknoNews

Google Android
Setiap saya melihat website-website yang membahas teknologi terbaru, Google Android, sistem operasi mobile dari Google menjadi salah satu topik yang sering dibahas. Dan kebetulan juga saya adalah seorang developer Android sehingga sangat menarik bagi saya untuk terus mengikuti perkembangan sistem operasi mobile dari Google ini.
Beberapa waktu lalu saya cukup terkejut ketika membaca sebuah artikel dari business insider. Di artikel disebut digambarkan bahwa perkembangan mobile share Android cukup tinggi. Perlu dicatat, mobile share disini diukur dari survey pengguna sehingga lebih menggambarkan basis pelanggan.
Lihatlah statistik perkembangan mobile share dari 5 vendor raksasa mobile di bawah ini:

Mobile Share
Walaupun datanya diambil dengan menggunakan sample di Amerika, cukup menarik untuk dilihat bahwa Google Android dengan cepat menanjak persentasenya, bahkan mengalahkan Palm dan bersaing ketat dengan Microsoft Mobile. Jelas hal ini yang membuat orang-orang Microsoft menjadi kalang kabut menghadapi Google Android. Beberapa orang bahkan meramalkan kedepannya, hanya Research in Motion, Apple, dan Google yang berada di posisi 3 teratas.
Dengan eskpos yang tinggi dari media mengenai perkembangan Google Android tentu sangat membantu dalam menggaet minat para developer dan pengguna gadget mobile. Mungkin untuk di Indonesia saat ini tidaklah sepopuler di Amerika untuk Google Android, tapi dari tren gadget handphone yang beredar saat ini sangat jelas terlihat bahwa semakin banyak vendor-vendor handphone yang memasang sistem operasi Android di handset mereka. Contohnya saja seperti Samsung Galaxy Spica dan Sony Experia, bahkan kabarnya vendor handphone lokal juga akan banyak yang mengadaptasi sistem operasi Android ini.
Untuk para developer mobile, ini tentu merupakan pangsa pasar baru yang cukup menjanjikan untuk digeluti, ditambah pula setau saya belum banyak developer Android lokal di Indonesia. Dan lagi, Android terintegrasi penuh dengan teknologi Google sehingga developer dapat menggunakan teknologi seperti Google Maps, Google Search, Google Latitude, dan lain-lain dengan mudah. Jadi tunggu apa lagi, buka tabungan anda dan beli Android secepatnya dan lihat sendiri seberapa canggihnya sistem operasi dari Google ini.

http://www.teknojurnal.com/2010/05/05/perkembangan-super-cepat-sistem-operasi-mobile-google-android/

Kaskus

<b>Sejarah Perkembangan Kaskus</b> – Anda suka berinternet? kalau anda mengaku netter pasti akan kenal dengan sebutan kaskus, sebuah forum yang sangat tenar sampai-sampai seorang penyanyi terkenal saykoji membuat lagu berjudul kaskus. kaskus adalah situs forum komunitas maya terbesar Indonesia. Kaskus lahir pada tanggal 6 November 1999 oleh tiga pemuda asal Indonesia yang sedang melanjutkan studi di Seattle, Amerika Serikat. Mulanya Kaskus yang dikembangkan oleh Andrew, Ronald, dan Budi ini dibuat untuk memenuhi tugas kuliah mereka.
Konsep awal Kaskus sebenarnya adalah situs yang mampu mengentaskan dahaga mahasiswa Indonesia di luar negeri akan kampung halaman melalui berita-berita Indonesia. Situs www.kaskus.us pada saat ini dikelola oleh PT. Darta Media Indonesia. Anggotanya, yang pada saat ini berjumlah lebih dari 2.000.000 member, tidak hanya berdomisili dari Indonesia namun tersebar juga hingga negara lainnya. Pengguna Kaskus umumnya berasal dari kalangan remaja hingga orang dewasa.
Kaskus, yang merupakan singkatan dari Kasak Kusuk, bermula dari sekedar hobi dari komunitas kecil yang kemudian berkembang hingga saat ini. Kaskus dikunjungi sedikitnya oleh 600.000 orang, dengan jumlah pageviews melebihi 15.000.000 setiap harinya. Hingga saat ini Kaskus sudah mempunyai lebih dari 200 juta post.
Menurut Alexa.com, pada bulan September 2010 Kaskus berada di peringkat 257 dunia dan menduduki peringkat 6 situs yang paling banyak dikunjungi di Indonesia.
Kaskus Radio merupakan sebuah Radio Internet Indonesia dibawah naungan komunitas kaskus. Kaskus radio yang biasa disingkat KR memiliki lebih dari 20 penyiar. Radio yang memutarkan lagu selama 24 jam ini juga memutarkan lagu dari berbagai bahasa, Inggris, Mandarin, Jepang, Korea, dan masih banyak lagi.
<b>Sejarah</b>
Pada bulan Agustus 2005, PC Magazine Indonesia memberikan penghargaan kepada situs Kaskus sebagai situs terbaik dan komunitas terbesar, kemudian Kaskus terpilih kembali sebagai website terbaik pilihan pembacaPC Magazine pada 2006.
Pada tanggal 23 Mei 2006 manajemen Kaskus terpaksa mengubah domain dari .com menjadi .us, karena penyebaran virus Brontok yang dibuat dengan tujuan menyerang situs-situs besar Indonesia dimana Kaskus masuk dalam target penyerangan.
Awal April 2007, manajemen Kaskus menambah 2 server baru untuk meningkatkan performance situs Kaskus (Dell Server).
Pada Juli 2008, Pengelola Kaskus akhirnya memutuskan untuk mengoperasikan server Kaskus di Indonesia. Untuk keperluan tersebut Kaskus membeli 8 server Dell PowerEdge 2950 dan dioperasikan melalui jaringan open IXP. Akibat dari ini akses Kaskus berlipat ganda dan akhirnya pengelola berencana menambahkan 8 server lagi sehingga total yang akan beroperasi di bulan September adalah 16 server.
Data per September 2010, jumlah server Kaskus sudah berjumlah lebih dari 50 server karena perkembangan yang sangat pesat (pertambahan user rata-rata perhari mencapai kurang lebih 3000 orang).
<b>Serangan DDOS</b>
Pada tanggal 16—17 Mei 2008, Kaskus diserang menggunakan teknik DDoS (Distributed Denial of Service) oleh oknum yang diduga berasal dari komunitas YogyaFree. Serangan ini menyebabkan database Kaskus corrupt sehingga administrator terpaksa mengunci thread-thread yang ada.
Penyerangan tersebut diduga terkait dengan peristiwa perusakan (deface) situs YogyaFree beberapa hari sebelumnya. Penyerang yang mengklaim dirinya sebagai salah satu anggota Kaskus juga melontarkan celaan yang bernada mengejek di salah satu bagian forum YogyaFree. Hal tersebut membuat beberapa anggota YogyaFree berang, dan kemudian balik menyerang Kaskus dengan DDoS. Akibatnya, administrator Kaskus terpaksa mematikan server Kaskus (penyerangan mengakibatkan thread-thread yang telah dibuat terpaksa dikunci (lock)).
Perang cyber antara kedua komunitas ini akhirnya selesai ketika kedua pengelola situs menandatangani memorandum online untuk menyudahkan pertikaian di antara keduanya. Pesan tersebut dipampang selama beberapa minggu di halaman situs masing-masing.
Meskipun kerusakan yang ditimbulkan oleh serangan ini cukup berat, administrator Kaskus menjanjikan bahwa Kaskus akan kembali normal pada bulan Juli 2008, seiring dengan diluncurkannya server baru Kaskus di gedung Cyber, Jakarta. Namun, ia juga mengatakan bahwa data-data yang akan dimunculkan kembali adalah data yang dimuat sebelum tahun 2008, sementara data yang dibuat selama tahun 2008 tidak dapat dimunculkan kembali.
<b>UU ITE</b>
Sebelum UU ITE diberlakukan, Kaskus memiliki dua forum kontroversial, BB17 dan Fight Club. BB17 (kependekan dari buka-bukaan 17 tahun) adalah sebuah forum khusus dewasa dimana pengguna dapat berbagi baik gambar maupun cerita dewasa. Sementara itu,Fight Club adalah forum yang dikhususkan sebagai tempat berdebat yang benar-benar bebas tanpa dikontrol. Seringkali masalah yang diperdebatkan berkaitan dengan SARA. Penghinaan terhadap suku dan agama lazim terjadi.
Setelah diberlakukannya UU ITE, Kaskus segera menutup BB17 karena bertentangan dengan UU ITE tentang penyebaran materi pornografi.Fight Club diubah namanya menjadi Debate Club. Fight Club dan Debate Club pada dasarnya memiliki fungsi yang sama sebagai tempat untuk berdebat, hanya saja kontrol di Debate Club diperketat. Setiap thread baru yang dibuat user terlebih dahulu disensor oleh moderator. Bila dianggap tidak layak dan membahas SARA, maka thread itu akan dihapus.
Untuk menghapus citra negatif Kaskus sebagai media underground dan situs porno, Kaskus mengubah tampilannya pada tanggal 17 Agustus 2008. Tampilan baru kaskus dibuat penuh warna. Selain itu, Kaskus juga menambahkan fitur-fitur baru seperti blog dan Kaskus WAP.
<b>KasPay</b>
Ada sebuah layanan terbaru dari situs Kaskus yang menyediakan sistem pembayaran secara online yang disebut KasPay. Layanan tersebut telah diluncurkan pada Jumat 6 November 2009, pada acara Perayaan Ulang Tahun ke-10 Kaskus di Poste, The east building, Kuningan,Jakarta . Layanan transaksi ini dapat digunakan tidak hanya di Kaskus tetapi dapat digunakan terhadap situs-situs lain yang berafiliasi dengan KasPay.
Kaspay akan beroperasi layaknya E-wallet yg akan dijadikan alat untuk transaksi jual beli di seluruh transaksi online. Seluruh proses transaksi KasPay dilakukan melalui transfer sejumlah uang, sehingga aman dari modus penipuan & pemalsuan kartu kredit & keamanan transaksi selalu dipastikan dengan konfirmasi melalui e-mail & catatan transaksi.
<b>Awards</b>
2008 : Microsoft : KASKUS Web Site that recognized as Indonesia Innovative Top Web Site (2008)
2009 : Indosat : KASKUS – The Online Inspiring Award 2009
2010 : Marketeers Award: Greatest Brand of the Decade

http://awalmula.com/sejarah-awal-mula-kaskus.html

Perkembangan Twitter

Coba kita teliti grafik ketertarikan orang-orang akan twitter di tahun 2009 sekali lagi. Seperti dapat dilihat di grafik di atas (scroll up), garisnya mulai naik dengan gradien yang cukup stabil sejak Februari. Yang ingin saya berikan perhatian lebih adalah transformasi kata penelusuran yang berhubungan dengan twitter.
Berikut adalah kata-kata untuk periode februari – april 2009 (peningkatan awal twitter):

Saya majukan bulan per bulan (april → mei; mei → juni, juni → juli). Transformasi pertama terjadi pada periode februari – juni:

Periode februari – juli menghasilkan transformasi besar:

Perhatikan kemunculan frase twitter blackberry pada bulan juli. Saya rasa ini adalah konfirmasi akan kontribusi blackberry untuk perkembangan twitter seperti yang sudah saya sebutkan di atas.

http://pandutruhandito.com/ramblings/open-case-study-sisi-gelap-perkembangan-twitter-di-indonesia/



Perkembangan Facebook

Tercatat berbagai macam nama artis aktif menggunakan FB sebagai media untuk mendengar suara dari penggemar mereka dan berinteraksi. Sebutlah nama seperti Nafa Urbach dan komedian Parto Patrio. Mereka ini cukuf aktif menyapa dan berinteraksi dengan penggemarnya.

Nafa Urbach bahkan sering mendiskusikan berbagai jenis lagu sampai desain album barunya. Cukup menarik karena dalam proses ini Nafa sangat memperhatikan komentar dari fansnya. Sebuah proses marketing yang sangat mendengar suara konsumen utamanya.

Berbeda halnya dengan Parto Patrio. Di tengah kesibukan syuting jadwal padatnya, komedian satu ini sering menyapa para penggemarnya. Uniknya, Parto sampai menyempatkan diri menulis pantun bagi penggemarnya sampai membalas menulis di wall para fansnya hampir setiap hari.

Hal ini dilakukan lewat piranti BlackBerry yang digenggamnya. Berikut salah satu kutipan statusnya: 6 maret 2009, Parto : Liat bebek lagi kawin ama soang, ada orang lewat 'mereka pada kabur,,,, kerja semangat hari jum'at doang, apa karena besok semua pada libur. 10:05am-Comment-Like*

Tak dapat dipungkiri, selain menjaga awarness masyarakat akan dirinya, langkah cerdas ini akan menjaring penggemar baru bagi sang komedian. Sampai-sampai para penggemarnya mendirikan group POS FB (singkatan dari Perkumpulan Orang Sarap FB). Di dalamnya terjadi interaksi bercanda yang sangat ampuh untuk menghilangkan stress ataupun kepenatan sehari-hari (balas berbalas pantun dan becanda antara Parto dan para penggemarnya). Suatu langkah marketing yang bijak. Low budget high impact, what do you think?.

Piranti Blackberry yang digunakan oleh Parto, saat ini juga menuai manisnya booming dari facebook. BB (panggilan trend Blackberry) seolah menjadi piranti yang ampuh untuk melakukan posting di Facebook. Karena selain digunakan untuk email, kegiatan lain yang umum dilakukan pengguna BB adalah YM (Yahoo Messenger) dan Facebook.

Suatu momentum yang sangat menguntungkan penjualan Blackberry di Indonesia. Sampai-sampai 3 (Three) operator GSM di Indonesia, mencantumkan promosi internetnya yang dapat digunakan untuk facebook (catat: Facebook bukan Friendster) di iklan tvnya. Suatu pertanda untuk Friendster agar melakukan inovasi agar tidak tertinggal jauh oleh Facebook.

Para calon legislatif pun tidak segan-segan untuk mengucurkan dana kampanye untuk berpromosi di Facebook. Presiden SBY pun telah memiliki page di Facebook untuk menangkap trend web 2.0 dan mensosialisasikan diri di era kemajuan informasi ini. Termasuk Presiden Obama tentunya.

http://www.inilah.com/read/detail/90588/demam-facebook-di-indonesia

Perkembagan Internet di Indonesia


Zaman sekarang, internet merupakan kebutuhan bagi banyak orang karena dengan internet kita bisa mengakses dan menemukan segala informasi di seluruh dunia dengan cepat dan mudah. Kebutuhan internet yang sangat penting sehingga peningkatan jumlah pemakai internet setiap tahun yang selalu meningkat di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri jumlah pemakai internet selalu meningkat dengan peningkatan yang cukup besar.

Sekarang banyak sekali layanan-layanan akses internet yang bisa kita pilih sesuai dengan kebutuhan kita, salah satunya layanan akses internet dari PT. Telkom seperti Telkomnet Instan dan Telkom Speedy. Telkomnet Instan merupakan layanan akses Dial-Up dengan kecepatan berkisar antara 40 Kbps - 56 Kbps sedangkan Telkom Speedy merupakan akses ADSL dengan kecepatan Up To 384 Kbps. Selain itu masih banyak sekali layanan-layanan akses internet yang bisa kita pilih.

Ada lagi layanan internet yang menggunakan Wireless Lan yang merupakan akses internet tanpa kabel atau menggunakan gelombang elektromagnetik seperti akses GPRS menggunakan handphone, PDA, laptop, dll. Selain itu sinyal Hotspot yang sering disebarkan ditempat-tempat seperti Mall, Cafe, Kampus, atau berbagai tempat lainnya bisa digunakan untuk mengakses internet, kita hanya perlu membawa peralatan mobile kita ditempat tersebut dan berinternetan disana.

Untuk dapat mengakses internet baik dengan kabel atau tanpa kabel selain diperlukan seperangkat komputer atau laptop diperlukan juga sebuah alat yang disebut Modem, modem berfungsi sebagai protokol yang mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital atau sebaliknya.

http://alfandra.blogspot.com/2007/08/perkembangan-internet-di-indonesia.html