Dalam waktu  22 tahun, pabrik komputer Dell telah  tumbuh dan berkembang di bawah sentuhan tangan dingin  pendirinya, Michael Dell. Apa rahasia keberhasilannya?  Tak dapat disangkal bahwa otak di balik kesuksesan Dell  Computer, perusahaan komputer terbesar  di dunia dari AS, adalah chairman   sekaligus pendiri perusahaan ini, Michael Saul Dell.  Sekalipun sudah tidak menjabat sebagai CEO lagi, ia  masih terus memberikan sumbangan pemikiran yang  menghasilkan berbagai inovasi.
Michael Dell  adalah anak seorang orthodentist (dokter ahli  merapikan gigi). Ia pertama kali memulai proyek  komputernya saat berusia 15 tahun. Saat itu, karena  ingin tahu ia membongkar komputer baru Apple  II untuk melihat komponen-komponennya dan mencoba  merakitnya kembali. Dell memulai bisnis komputernya  dari asrama Dobie Center sejak ia masih menjadi  mahasiswa di University of Texas pada tahun 1984.  Setelah mendirikan perusahaan PC’s Limited, Dell  memutuskan keluar dari kampusnya pada usia 19 tahun  untuk menjalankan bisnis tersebut secara full-time.  Pada 1987, Dell mengubah nama perusahaannya dari  PC’s Limited menjadi Dell Computer Corporation.  Seiring waktu meski sempat mengalami berbagai kesulitan  dan pasang surut dunia bisnis, Dell berhasil meraih  sukses. Pendapatan tahunan Dell bertumbuh dari 6 juta  dolar AS menjadi lebih dari 40 miliar dolar AS hanya  dalam waktu 16 tahun dengan jumlah karyawan lebih dari  40.000 orang di lebih dari 170 negara.
Produk  Dell pun sudah terdiversifikasi dari bisnis intinya.  Saat ini, ia bukan hanya menjual komputer pribadi  (PC), komputer  jinjing (laptop) atau komputer server,  melainkan juga media penyimpan (storage), printer, komputer genggam  alias PDA, pemutar musik MP3, televisi plus berbagai  jasa layanan komputer. Dell berkata, “Saat  mendirikan bisnis ini di asrama mahasiswa, modal saya  hanya 1000 dolar AS. Sekarang Dell telah berubah  menjadi peritel komputer online  terbesar di dunia. Penjualan online Dell via Internet  mencapai rata-rata 30 juta dolar AS per hari.”  
Kunci utama kesuksesan Dell adalah inovasi unik  sang pendiri. Ia membuat gebrakan yang jauh berbeda  dari yang dilakukan perusahaan komputer pada saat  itu. Calon pembeli Dell bisa memesan langsung komputer sesuai  keinginan mereka melalui telepon atau internet. Mereka  bisa memasukkan spesifikasi komputer yang ingin  dibeli secara online. Akibatnya Dell tidak perlu  menyimpan stok barang atau melakukan investasi yang  terlalu besar. Sebenarnya dengan melakukan strategi  penjualan itu, Dell telah mengubah kelemahannya menjadi  kekuatan. Karena modalnya terbatas, ia belum bisa  memiliki kantor sendiri dan belum bisa memiliki banyak  stok. Jadi ia melakukan bisnis dari asramanya. Ia tidak  mengharap pelanggan untuk datang dan melihat  “kantor”nya. Ia meminta calon pelanggan  untuk memesan lewat telepon atau Internet sesuai  keinginan mereka, tanpa perlu repot-repot datang.  Ternyata strateginya berhasil.
Senin, 04 April 2011
Langganan:
Posting Komentar (Atom)

 
0 komentar:
Posting Komentar